Mulailah Bisnis Anda dari Ide yang Sederhana


Ide boleh besar, visi  harus bisa melihat jauh kedepan, tetapi untuk menjadi realita  - hampir semua usaha harus dimulai dari yang kecil yang berada pada jangkauan kita. Berani memulai dari yang kecil inilah awal dari keberhasilan dan perubahan besar. Mark Zuckerberg-pun yang melahirkan fenomena baru dalam jaringan pertemanan dunia, dia memulai dari lingkungan kampusnya di  Harvard. Memulai dari yang kecil juga memudahkan kita untuk bisa melalui death valley – lembah kematian – yang mayoritas (calon) entrepreneur harus melaluinya.

Kalau kita amati bisnis-bisnis besar yang ada di sekitar kita selalu bisa dijelaskan dengan cara yang sederhana, dan bisa dimulai dari yang kecil. Ambil contoh misalnya fenomena air mineral dalam gelas yang kini meraksasa, seandainya konglomerat pemilik usaha tersebut ditanya cucunya yang masih SD “Apa pekerjaan kakek?”  jawabannya kemungkinannya begini : “kakek mengambil air dari gunung, memasukkannya ke dalam gelas-gelas plastik lalu menjualnya”.

Dengan penjelasan yang sederhana tersebut, anak kecil-pun mudah untuk memahami bisnis kita. Kalau bisnis kita mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan pasar, maka disitulah peluangnya.

Catherine Kupa dalam bukunya “Breakthrough Branding” (SelfBrand LLC, London 2012) menulis kurang lebih begini : “Bila ide business Anda tidak cukup untuk Anda tuliskan di belakang kartu nama Anda, atau bila ide bisnis Anda tidak bisa dijelaskan ke  anak usia 10 tahun – maka kemungkinannya ide Anda tersebut adalah a big bad idea, ide besar yang buruk…”.

Memulai dari yang kecil yang dalam jangkauan Anda untuk memulainya sendiri juga akan membuat perjalanan usaha Anda enjoyable, less stress karena tidak dikejar-kejar oleh investor Anda. Death valley-pun akan terasa nyaman karena disanalah Anda bisa bereksperimen sepuasnya  dan cukup aman untuk mengambil resiko.

Bila dari awal usaha Anda sudah melibatkan investor untuk memulainya, kemungkinan Anda juga terpaksa harus berkompromi. Bukan hanya terkait hasil materi dari usaha Anda, tetapi juga terkait nilai-nilai yang Anda perjuangkan. Investor yang punya modal hampir pasti memiliki nilai-nilainya sendiri, demikian pula Anda. Kerjasama hanya akan terjadi bila nilai-nilai tersebut dapat dipersatukan, artinya harus ada kompromi.

Hal ini bisa baik dan bisa juga tidak. Menjadi baik ketika nilai-nilai yang dibawa investor adalah nilai-nilai kebaikan sehingga mampu memberi nilai tambah terhadap ide bisnis Anda. Menjadi tidak baik manakala investor hanya peduli dengan hasil dan tidak menganggap penting nilai-nilai kebaikan, maka Anda hanya akan ditargetkan sebagai mesin uang bagi investor ini – dan bila mesin uang ini tidak berjalan semestinya – di sanalah masalah besar menunggu.

Mulai yang kecil yang dalam jangkauan-pun tidak akan membatasi peluang ide usaha Anda untuk menjadi besar. Langkah kecil dan sederhana bisa menjadi usaha yang besar atau bahkan sangat besar seperti fenomena air mineral dan facebook di atas bila langkah kecil dan sederhana ini bisa mengubah atau menciptakan trend atau fenomena baru di masyarakat. Siapa tahu dari yang kecil ini bisa dilakukan perubahan yang besar…., InsyaAllah.

www.kantor-di-rumah.com

Tulisan Terkait:

Info Dinar Emas:
coconut fiber indonesia - civet coffee beans luwak indonesia - rumah baru dekat tol di jatiasih - eksportir indonesia - solusi properti - rumah dinar - manufaktur indonesia - agribisnis indonesia - white copra indonesia - coconut coir pellets - jual panel beton murah siap pakai - jasa pasang panel beton - jual komponen nepel, mur, baut, spare parts ac, kuningan - komponen, nepel, mur, baut, ac, kuningan - industri manufaktur pengecoran kuningan - brass foundry casting manufacturer - brass billets, bullets, neple, nut, bolt, fitting, parts - tanah di kawasan strategis - rumah baru eksklusif dekat tol - rumah murah dekat tol - jual tanah di sudirman - jual tanah di kuningan - jual tanah dekat menteng - paket tour perjalanan wisata - apakah dinar emas - tanya jawab dinar - jual dinar - beli dinar - dinar emas - paket perjalanan wisata - jual benih lele - jual bibit lele - benih lele - bibit lele - lele sangkuriang -

1 comments:

Inspiratif...makasih pak

Post a Comment